Skip to content

Goorkey's Blog

Note the life of a Son of Karo highland

Saya mencoba menjalankan winbox di Linux dengan menggunakan wine. Tetapi setiap kali melakukan login selalu hanya menghasilkan pesan time-out. Cari-cari, akhirnya baru ingat kalau saya sedang mengaktifkan firewall. Maka saya coba untuk mematikan firewall di laptop yang saya gunakan untuk menjalankan winbox. Allhamdulillah berhasil…!!!!

Tapi saya tidak mau membiarkan laptop saya “telanjang” seperti itu. Googling……, dapat solusinya! Cukup buka sambungan yang berasal dari port 20561 atau 5678 untuk protokol udp tergantung cara login via winbox. Kalau saya sih membuka saja keduanya

#winbox
#jika Connect To diisi mac MikroTik
iptables -A INPUT -p udp --sport 20561 -j ACCEPT
#jika Connect To diisi ip MikroTik
iptables -A INPUT -p udp --sport 5678 -j ACCEPT

Tips : Jika berhasil login dan winbox tiba-tiba freeze atau beku atau hang atau apalah istilahnya maka cobalah login via winbox dengan mengisi Connect To dengan mac MikroTik jangan ip address.

